Safari Ramadhan 1437 H/2016 M Kecamatan Kepanjen

Safari Ramadhan 1437 H/2016 M Kecamatan Kepanjen

0 400

IMG_20160610_195218Ketika memasuki bulan Suci ramadhan, kegiatan safari merupakan suatu aktifitas tahunan yang rutin diselenggarakan oleh Kecamatan Kepanjen. Dalam Rangka Untuk meningkatkan Ukhuwah Islamiah dan silaturahmi antar para pejabat pemerintah, Ulama’dengan masyrakat dan sekaligus dalam rangka meningkatkan syiar Islam maka kegiatan Safari Ramadhan Tahun ini di Laksanakan di 9 Desa/Kelurahan yang ada diwilayah Kecamatan Kepanjen, secara bergilir sesuai jadwal yang sudah di rencanakan sebelumnya.Pada bulan suci Ramadhan 1437 H ini kegiatan ini pertama kali dimulai pada hari rabu tanggal 08 Juni 2016.

Pada hari tersebut, ada tiga Tim yang akan mendatangi tiga tempat safari ramadhan. Tim I di Ketuai oleh Bapak Camat Kepanjen Drs. Suwadji,S.IP, M.si mendatangi mushola sebagai  tujuan  tempat pelaksanaan safari romadhon,  adalah Mushola Al Bader Kelurahan Ardimulyo, Tim II di Ketuai oleh Bapak Kapolsek Kepanjen Kompol Mas Ahmad S. Bertempat di Mushola Baitul Iman Kelurahan Kepanjen dan Tim III di Ketuai oleh Bapak Danramil Kepanjen Kapten.Inf. Yuyut. H.P bertempat di Mushola Al Huda Kelurahan Penarukan.  Adapun tiap tim safari ramadhan beranggotakan ± 26 Orang yang dibagi dari beberapa unsur antara lain Kasi, Kasubag dan Staf Kecamatan Kepanjen, Koramil Kepanjen, Polsek Kepanjen, Ulama’, Ka.UPTD Bina Marga, Ka. UPTD CKTR, Ka. UPTD DPPKA, Ka. UPTD DISHUB, UPTD TK,SD dan PLS, Ka. Pasar Kepanjen, UPT BKP3, Ket. MWC.NU, Ket. MUI, Ket. DMI, SKB, PPLKB,SKB dan Ka. UPTD SMPN 1s/d5.

Dalam Tim I yang diketuai oleh Bapak Camat Kepanjen bertempat di Mushola Al Bader Kelurahan Ardirejo sebagai penceramah yang memberikan tausyiah yang ikut dalam Tim safari Ramadhan, adalah Bapak KH. Imam Ma’ruf, KH. Munir Marhaban dan KH. Asnawi Nur. Sebagai tuan rumah pada acara safari ramadhan di Kelurahan Ardirejo adalah Lurah Ardirejo Bapak Sahroni beserta segenap perangkat Kelurahan Ardirejo. Untuk hari kedua tanggal 10 Juni 2016  bertempat di Masjid Baiturrohman Dusun Balong Desa Jatirejoyoso dan Hari ketiga senin tanggal 13 Juni 2016 bertempat di Masjid Baitul Munawaroh Desa Mangunrejo.

Di Tim II yang diketuai oleh Bapak Kapolsek Kepanjen bertempat di Mushola Baitul Iman Kelurahan Kepanjen sebagai penceramah yang memberikan tausyiah yang ikut dalam Tim Safari Ramadhan, adalah Bapak KH. Munir Marhaban, KH. Mudhofir M, KH. Mudjani Ilham. Sebagai tuan rumah pada acara safari ramadhan kecamatan kepanjen adalah lurah Kepanjen Bapak Yoyok Yudianto segenap perangkat Kelurahan Kepanjen. Untuk hari kedua jum’at tanggal 10 Juni 2016 bertempat di Masjid Babussalam Desa Kedungpedaringan dan hari ketiga senin 13 juni 2016 bertempat di Masjid Nurul Iman Desa Sengguruh.

Di Tim III yang diketuai oleh Bapak Danramil Kepanjen bertempat di Mushola Al Huda Kelurahan Penarukan sebagai penceramah yang memberikan tausyiah yang ikut dalam Tim Safari Ramadhan, adalah Bapak KH. Imam Nacho’i, KH. Zainul Arifin, KH. Nur Wachid. Sebagai tuan rumah pada acara safari ramadhan kecamatan kepanjen adalah lurah Kepanjen Bapak Yoyok Yudianto segenap perangkat Kelurahan Kepanjen. Untuk hari kedua jum’at 10 juni 2016 bertempat di Masjid Nurul Anwar Desa Talanggagung dan hari ketiga senin 13 juni 2016 bertempat di Masjid As Syari’yah Desa Tegalsari.

Banyak manfaat yang dapat dipetik dari kegiatan safari ramadhan ini, antara lain bahwa Safari Ramadhan dapat menjadi  ajang silaturrahmi dan saling kenal mengenal lebih jauh, dalam hal ini antara pemerintah daerah, Ulama’dengan masyarakat. Disamping itu juga safari Ramadan juga dapat menjadi wadah yang sangat bermanfaat bagi upaya-upaya perbaikan ummat di masa depan.

Selain sebagai wadah silaturrahmi, kegiatan Safari Ramadhan juga menjadi media penyampaian informasi bagi Pemerintah Daerah kepada masyarakat, demikian juga sebaliknya sebagai wadah untuk menampung aspirasi dari masyarakat.

Dalam kegiatan safari ramadhan Biasanya, Tokoh dan pejabat akan memberikan kata sambutan yang berisi program-program kerja Pemerintah, Perkembangan-perkembangan yang berhubungan dengan pembangunan dan Himbauan-himbauan tentang kamtibmas yang ada diwilayah Kecamatan Kepanjen, sehingga masyarakat secara tidak langsung akan menjadi lebih cerdas dan mengerti akan kondisi pemerintahan serta pembangunan yang akan berlangsung dan kondisi wilayah.

Sebenarnya banyak media yang dapat digunakan untuk saling bertukar informasi antara pemerintah daerah dengan masyarakatnya, namun pertemuan dalam wadah Safari Ramadhan memiliki suasana yang berbeda, karena diawali oleh kepentingan ibadah puasa yang sama, berbuka bersama, ibadah shalat Isya, Tarawih dan Witir berjama’ah baru kemudian penyampaian tausyiah. Manfaat lainnya adalah adanya bantuan-bantuan spontan dari Pejabat untuk pembangunan masjid/mushola.(udn)

 

SIMILAR ARTICLES

Comments are closed.