kegiatan

0 103

IMG_8948Kejaksaan Negeri Malang pada hari Senin 25 Juli 2017 menyelenggarakan Penyuluhan Hukum/Penerangan Hukum Program Pembinaan Masyarakat Taat Hukum (BINMATKUM) . Dalam acara tersebut Kejaksaan Negeri Malang Yunianto Tri Wahyono bertindak selaku nara sumber. Hadir antara lain Kepala Kejaksaan Negeri Kepanjen Nasri, SH.,Kasi Intelijen Yunianto Tri Wahyono, SH.,  beserta staf Kejaksaan Negeri . Sedangkan tamu undangan yang hadir antara lain Kepala Desa, Bendahara Desa, PTPKD, Operator Desa serta Pendamping Desa se-kecamatan kepanjen.

Kepala Kejari Kepanjen Nasri menerangkan dengan di berikannya Dana Desa oleh pusat bapak presiden

 

0 202

IMG_4522Kepanjen, (10/2) Dalam rangka Musyawarah rencana pembangunan kecamatan (Musrenbangcam) tingkat Kecamatan kepanjen, dilaksanakan di pendopo Kecamatan kepanjen. Hadir dalam acara Muspika Kecamatan kepanjen, Dinas/Instansi, DPRD Kabupaten Malang, Kepala Dinas Kab. Malang,Kades/Lurah se-Kecamatan Kepanjen, Ketua TIM TP.PKK Kecamatan Kepanjen dan Ketua TIM TP.PKK Desa/Kelurahan se-kecamatan kepanjen serta 3 Delegasi desa/Kelurahan.

Musrenbang Kecamatan di laksanakan setelah di awali dengan musrenbangdes, sebagai usulan pembangunan tahun 2017 Wilayah Kecamatan kepanjen

Bawa Abai Saleh Camat kepanjen mengatakan, musrenbangdes sudah di lakukan dengan menghasilkan prioritas-prioritas pembangunan desa yang sudah dilaksanakan oleh desa (musrenbangdes).

” Masih banyak Infrastruktur yang belum terjamah, sehingga kami mohon dukungan semua pihak untuk mesukseskan pembanguana di kecamatam kepanjen untuk waktu – waktu yang akan datang,” ungkapnya.

Senada dengan itu dari BAPPEDA menjelaskan salah satunya dengan BUMDes yang nantinya bisa mengangkat perekonomian dari desa sendiri yang tidak dapat di pisahkan dengan pembangunan desa, sesuai dengan yang di serukan oleh kemendes one village one produc, diharapkan setiap desa memiliki satu produk unggulan yang bisa di jadikan sebagai pendapatan desa. untuk kegiatan supaya para pemuda desa kecamatan kepanjen tidak perlu mencari pekerjaan di luar kota.

” Usulan setiap desa yang ” one village one produc” perlu kita dukung dan tindak lanjuti, untuk melalui musrenbangdes tersebut, sehingga desa akan lebih berlomban dalam memajukan desanya,” uangkapnya pula.

Disinggung pula Pembangunan drainase, di harapkan dasar drainase jangan di plester supaya air bisa meresap ke tanah. Kecamatan kepanjen  kemudian point yang mendapat sorotan adalah BUMDes.

BUMDes dapat membangun ketahanan desa, banyak bantuan yang penyalurannya lewat BUMDes. BUMDes bertujuan untuk meningkatkan perekonomian desa, mengoptimalkan aset desa, meningkatkan usaha masyarakat, pendirian BUMDes harus disepakati oleh musyawarah desa.

0 270

IMG_2916

Kepanjen, (26/10) Rabu Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Malang yang ke 1256 Kabupaten Malang Tahun 2016. Kecamatan Kepanjen mengikuti Lomba Tari Saman yang diadakan oleh HUMAS Kabupaten Malang.

Tim Kecamatan Kepanjen tampil pada urutan ke 25 pada hari Rabu 26 Oktober 2016 semangat Tim Tari Saman Kecamatan Kepanjen dalam menyelesaikan Tarinya dengan diberikan waktu 10 menit ditutup dengan menampilka tari pencaknya.(udn)

IMG_2924

IMG_2934

0 204

IMG_2866

 

Kepanjen, 19 Oktober 2016 Tim independen validasi untuk panji-panji keberhasilan pembangunan Kecamatan kepanjnen, Kabupaten malang, Jawa Timur, melakukan penilaian di kantor kecamatan setempat, Rabu (19/10/2016) Mereka berasal dari Universitas Brawijaya Malang.

IMG_2868

IMG_2869

Kecamatan kepanjen juga mengundang beberapa stake holder, UPTD dan sektor-sektor yang membidangi dalam penilaian yang dilombakan.

“ Tim melakukan verifikasi terhadap 7 Bidang di antaranya Bidang Keemiskinan, Bidang Kepemimpinan, Bidang Kesehatan, Bidang Lingkungan Hidup, Bidang Pariwisata, Bidang Pelayanan Publik dan Bidang Pendidikan,” kata Camat Kepanjen, Drs. Suwadji. S.IP.,M.Si.

Untuk verifikasi tersebut tim independen menguji satu persatu Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan Kepala Seksi (Kasi) Kecamatan Sekaran dengan meminta pemaparan dengan pendukung data dan foto.

IMG_2876

IMG_2882

IMG_2883

Sumber Songo yang ada diwilayah Desa Jenggolo menjadi salah satu daya tarik Pariwisata yang menjadi andalan untuk di suguhkan kepada Tim Penilai Panji-Panji dan Kerajinan Kulit Trios yang ada di Desa Dilem.

Dari hasil verikasi tersebut kemudian akan dipilih bidang yang terbaik untuk kemudian di uji kompetensikan dengan 33 Kecamatan lainnya. Dari penilaian tersebut kemudian akan diambil yang terbaik untuk mendapatkan penghargaan panji-panji keberhasilan tingkat Kabupaten.

“Penilaian panji-panji ini sudah Beberapa kalinya. Diharapkan Kecamatan Sekarang bisa meraih hasil maksimal dan lebih baik dari tahun kemarin,” . (udn)

0 253

IMG_2452

Kepanjen (1/8) Dalam rangka meraih Piala Adipura yang ke-9 kalinya berturut-turut kota kepanjen mendapatkan Piala Adipura Kirana.Antusias Masyarakat Kota Kepanjen sangatlah senang atas keberhasilan yang diraihnya kembali Piala Adipura Kirana dengan diadakannya kegiatan pawai keliling kota yang menjadi ibu kota Kabupaten Malang.

Pawai Piala Adipura Kirana dimulai start dari Gapura pintu masuk Kota Kepanjen depan gedung baru PGRI, jalan raya pepen yang berbatasan langsung dengan wilayah Kecamatan Pakisaji, pawai dilanjutkan ke arah selatan. Melintasi jalan Panglima Sudirman, depan Pasar Kepanjen, Jalan Sultan Agung, jalan Panji, komplek Yon Zipur, jalan Krapyak melewati jalan Sumedang, , jalan Kawi, Talangagung dan finish di Pendopo Kantor Kecamatan Kepanjen dan Pawai Piala Adipura Kirana dibawa oleh Camat Kepanjen Drs.Suwadji, S.IP.,M.Si yang didampingi oleh Kapolsek Kepanjen, Kompol Mas Ahmad Sujalmo dan Danramil Kepanjen, Kapten Inf. Yuyut H.P dengan mengendarai Mobil Jip terbuka. Arak-arakan Mobil Jib terbuka di ikuti juga oleh Kepala Desa/Lurah se-Kecamatan Kepanjen, Instansi UPTD dan Sekolah di Kota Kepanjen, juga ada yang menggunakan Sepeda Motor Tak Ketinggalan pula ambil bagian para pasukan Kuning dan Hijau.(Udn)

 

0 399

IMG_20160610_195218Ketika memasuki bulan Suci ramadhan, kegiatan safari merupakan suatu aktifitas tahunan yang rutin diselenggarakan oleh Kecamatan Kepanjen. Dalam Rangka Untuk meningkatkan Ukhuwah Islamiah dan silaturahmi antar para pejabat pemerintah, Ulama’dengan masyrakat dan sekaligus dalam rangka meningkatkan syiar Islam maka kegiatan Safari Ramadhan Tahun ini di Laksanakan di 9 Desa/Kelurahan yang ada diwilayah Kecamatan Kepanjen, secara bergilir sesuai jadwal yang sudah di rencanakan sebelumnya.Pada bulan suci Ramadhan 1437 H ini kegiatan ini pertama kali dimulai pada hari rabu tanggal 08 Juni 2016.

Pada hari tersebut, ada tiga Tim yang akan mendatangi tiga tempat safari ramadhan. Tim I di Ketuai oleh Bapak Camat Kepanjen Drs. Suwadji,S.IP, M.si mendatangi mushola sebagai  tujuan  tempat pelaksanaan safari romadhon,  adalah Mushola Al Bader Kelurahan Ardimulyo, Tim II di Ketuai oleh Bapak Kapolsek Kepanjen Kompol Mas Ahmad S. Bertempat di Mushola Baitul Iman Kelurahan Kepanjen dan Tim III di Ketuai oleh Bapak Danramil Kepanjen Kapten.Inf. Yuyut. H.P bertempat di Mushola Al Huda Kelurahan Penarukan.  Adapun tiap tim safari ramadhan beranggotakan ± 26 Orang yang dibagi dari beberapa unsur antara lain Kasi, Kasubag dan Staf Kecamatan Kepanjen, Koramil Kepanjen, Polsek Kepanjen, Ulama’, Ka.UPTD Bina Marga, Ka. UPTD CKTR, Ka. UPTD DPPKA, Ka. UPTD DISHUB, UPTD TK,SD dan PLS, Ka. Pasar Kepanjen, UPT BKP3, Ket. MWC.NU, Ket. MUI, Ket. DMI, SKB, PPLKB,SKB dan Ka. UPTD SMPN 1s/d5.

Dalam Tim I yang diketuai oleh Bapak Camat Kepanjen bertempat di Mushola Al Bader Kelurahan Ardirejo sebagai penceramah yang memberikan tausyiah yang ikut dalam Tim safari Ramadhan, adalah Bapak KH. Imam Ma’ruf, KH. Munir Marhaban dan KH. Asnawi Nur. Sebagai tuan rumah pada acara safari ramadhan di Kelurahan Ardirejo adalah Lurah Ardirejo Bapak Sahroni beserta segenap perangkat Kelurahan Ardirejo. Untuk hari kedua tanggal 10 Juni 2016  bertempat di Masjid Baiturrohman Dusun Balong Desa Jatirejoyoso dan Hari ketiga senin tanggal 13 Juni 2016 bertempat di Masjid Baitul Munawaroh Desa Mangunrejo.

Di Tim II yang diketuai oleh Bapak Kapolsek Kepanjen bertempat di Mushola Baitul Iman Kelurahan Kepanjen sebagai penceramah yang memberikan tausyiah yang ikut dalam Tim Safari Ramadhan, adalah Bapak KH. Munir Marhaban, KH. Mudhofir M, KH. Mudjani Ilham. Sebagai tuan rumah pada acara safari ramadhan kecamatan kepanjen adalah lurah Kepanjen Bapak Yoyok Yudianto segenap perangkat Kelurahan Kepanjen. Untuk hari kedua jum’at tanggal 10 Juni 2016 bertempat di Masjid Babussalam Desa Kedungpedaringan dan hari ketiga senin 13 juni 2016 bertempat di Masjid Nurul Iman Desa Sengguruh.

Di Tim III yang diketuai oleh Bapak Danramil Kepanjen bertempat di Mushola Al Huda Kelurahan Penarukan sebagai penceramah yang memberikan tausyiah yang ikut dalam Tim Safari Ramadhan, adalah Bapak KH. Imam Nacho’i, KH. Zainul Arifin, KH. Nur Wachid. Sebagai tuan rumah pada acara safari ramadhan kecamatan kepanjen adalah lurah Kepanjen Bapak Yoyok Yudianto segenap perangkat Kelurahan Kepanjen. Untuk hari kedua jum’at 10 juni 2016 bertempat di Masjid Nurul Anwar Desa Talanggagung dan hari ketiga senin 13 juni 2016 bertempat di Masjid As Syari’yah Desa Tegalsari.

Banyak manfaat yang dapat dipetik dari kegiatan safari ramadhan ini, antara lain bahwa Safari Ramadhan dapat menjadi  ajang silaturrahmi dan saling kenal mengenal lebih jauh, dalam hal ini antara pemerintah daerah, Ulama’dengan masyarakat. Disamping itu juga safari Ramadan juga dapat menjadi wadah yang sangat bermanfaat bagi upaya-upaya perbaikan ummat di masa depan.

Selain sebagai wadah silaturrahmi, kegiatan Safari Ramadhan juga menjadi media penyampaian informasi bagi Pemerintah Daerah kepada masyarakat, demikian juga sebaliknya sebagai wadah untuk menampung aspirasi dari masyarakat.

Dalam kegiatan safari ramadhan Biasanya, Tokoh dan pejabat akan memberikan kata sambutan yang berisi program-program kerja Pemerintah, Perkembangan-perkembangan yang berhubungan dengan pembangunan dan Himbauan-himbauan tentang kamtibmas yang ada diwilayah Kecamatan Kepanjen, sehingga masyarakat secara tidak langsung akan menjadi lebih cerdas dan mengerti akan kondisi pemerintahan serta pembangunan yang akan berlangsung dan kondisi wilayah.

Sebenarnya banyak media yang dapat digunakan untuk saling bertukar informasi antara pemerintah daerah dengan masyarakatnya, namun pertemuan dalam wadah Safari Ramadhan memiliki suasana yang berbeda, karena diawali oleh kepentingan ibadah puasa yang sama, berbuka bersama, ibadah shalat Isya, Tarawih dan Witir berjama’ah baru kemudian penyampaian tausyiah. Manfaat lainnya adalah adanya bantuan-bantuan spontan dari Pejabat untuk pembangunan masjid/mushola.(udn)

 

0 335

IMG_0870Kepanjen (25/2) Jum’at 2016 diluar pendopo kecamatan kepanjen melaksanakan senam bersama – sama,Bapak Camat Kepanjen Drs. SUWADJI, S.IP., M.Si dalam rapat kerja bersama Sekdes/Sekel mengajak Senam pada tiap hari jum’at